• PJE
  • Portofolio
  • Prestasi
  • Aspirasi
  •  

    TIREK HIMANIKA 1 & 2 Juarai Lomba Robot Line Follower di Palembang

    PalembangMahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY kembali mengharumkan nama Universitas Negeri Yogyakarta. Tirek HIMANIKA 1 (Muhammad Agus Satrio, Arif Rianto, dan Udin) dan Tirek HIMANIKA 2 (Danang Gita Surya Wibawa, Imron, Alifia Revan Prananda) mendapat juara I dan juara II pada Pekan Raya Elektro Nasional (PREN) di Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, 19 Maret 2014 lalu.
    Muhammad Agus Satrio dari Tirek Himanika I mengatakan bahwa mereka hanya mempunyai waktu yang sangat singkat menjelang keberangkatannya ke Palembang. “Persiapannya sangat mepet, hanya latihan untuk menyesuaikan track, sementara robotnya sudah tersedia” ujar Satrio. Robot yang digunakan untuk lomba ini adalah robot yang digunakan untuk lomba robot line folower sebelumnya yang telah menjuarai kompetisi di Makassar tahun lalu.

    Robot ini diprogram dengan menggunakan bahasa C kemudian di-compile dan “ditanam” di bagian dalam robot, sehingga robot dapat diatur tanpa perlu menggunakan komputer. Robot ini berkerja dengan menggunakan sensor untuk mendeteksi kepekatan dari warna hitam di track. Jika warna hitam di track semakin pekat, maka robot akan berjalan semakin cepat mengikuti track tersebut. Sayangnya, robot ini memiliki kelemahan dalam hal manuver ketika berada di dalam tikungan. “Jadi, ketika berbelok gerak robot kurang mantap” ujarnya. Mahasiswa Teknik Elektronika FT UNY angkatan 2012 ini juga berbagi kunci sukses untuk menjadi juara di kompetisi robot line follower. “Kuncinya, kita harus menjaga kekompakkan tim, latihan akurat untuk menyesuaikan track, dan harus tahu kelemahan dan kelebihan robot”, ujarnya menutup wawancara.(nsa)

    Print Friendly, PDF & Email

    himanika

    Himpunan Mahasiswa Elektronika dan Informatika

    More Posts - Website

    Follow Me:
    Twitter

    Leave a reply

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    7 + 1 =


    + 80 = 89